Widget HTML Atas

Masih berani? inilah bahaya jika tidur setelah sahur!

Bahaya tidur setelah sahur
Bahaya tidur setelah sahur

Priksa.com - Munculnya rasa mengantuk setelah makan ketika sahur seringkali terjadi karena porsi makan berlebih dan akhirnya berakibat pada rasa kantuk berat. Sehingga ada beberapa orang yang lupa untuk menunaikan kewajibannya yakni shalat jama'ah subuh.

Daftar Isi:

Namun, tahukah kamu? bahaya apa yang mengintai apabila tidur setelah sahur?

Hal yang perlu diwaspadai jika kamu sering tidur setelah sahur

Berikut ini ada 4 bahaya ancaman kesehatan tubuh bila tidur setelah sahur.

1. Menaiknya Kadar Asam Lambung

Tidur setelah makan termasuk setelah sahur, membuat sistem pencernaan kesulitan untuk mencerna makanan yang masuk. Sehingga dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, teruta naiknya asam lambung.

Asam lambung (heartburn) dapat menyebabkan luka dan mengikis lapisan dinding di kerongkongan yang bisa menyebabkan perut terasa mulas, nyeri pada ulu hati, dan terasa panas seperti terbakar pada dada.

Asam lambung yang terus menaik dapat mengakibatkan penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease).

2. Diare atau sembelit

perut sakit karena sembelit

Seperti kutipan diatas, tidur setelah makan memperlambat proses pencernaan sehingga makanan akan menimbun didalam perut.

Timbunan makanan dalam perut yang tidak kunjung dicerna bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. Tetapi tergantung dari apa yang kita makan ketika sahur.


3. Terkena Obesitas dan Diabetes

Obesitas dan diabetes
alat tes kesehatan

Obesitas bisa diakibatkan karena terbiasa tidur setelah mengonsumsi makanan berat.

Mengkonsumsi makanan berat mengakibatkan menumpuknya kalori yang masuk ke dalam tubuh dikarenakan seseorang sedang dalam kondisi tidur yang mana tidak ada proses pembakaran kalori.

Diabetes muncul karena efek dari obesitas. Lemak dan kalori yang menumpuk dapat mengakibatkan kegemukan yang kemudian disusul dengan penyakit diabetes.

4. Stroke

Tidur setelah makan membuat sistem pencernaan sulit untuk mencerna makanan. Sehingga lambung membutuhkan asupan darah lebih banyak untuk memperlancar pekerjaannya.

Disamping itu, otak tetap membutuhkan asupan darah yang stabil meskipun sedang tertidur. Suplai darah yang terkonsentrasi menuju perut ini membuat otak bisa kekurangan oksigen.

Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, otak bisa mengalami stroke.

Jenis stroke akibat kebiasaan tidur setelah makan yaitu stroke iskemik yang diakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah otak.

Selain dosa melalaikan kewajiban beribadah, beberapa hal diatas juga mengancam kesehatan jika tidur setelah sahur.

Sebaiknya anda melakukan aktivitas supaya tidak mengantuk seperti membaca, mengaji atau bercanda ria bersama keluarga sembari menunggu waktu shalat subuh berjamaah.
Afif Sarifudin
Afif Sarifudin Penyuka banyak hal. Termasuk kamu😁😊

2 comments for "Masih berani? inilah bahaya jika tidur setelah sahur!"

  1. Sebagai tambahan tidur setelah sahur dapat mengakibatkan ketiduran... jadi bagi yg harus bangun pagi jangan sebaiknya jangan tidur lagi .

    ReplyDelete
  2. Nice info gan !!! Ternayata cukup menakutkan juga ya efeknya jika punya kebiasaan tudur abis sahur ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email